surga atau neraka

Memilih yang benar

Dari semenjak kecil kita sudah terbiasa dengan pilihan, betul? Allah beri qodar-qodar dan kita harus memilihnya. Bagaimana agar tidak salah pilih? ya kita harus tahu mana yang benar dan yang harus kita jalani.

Namun ada dua kuadran dimana kita bisa  memilih dan dimana kita tidak bisa memilih. Kita sebut Mukhoyyar (bisa memilih) dan Musayyar (tidak bisa memilih).

 

Mukhoyyar :

Mukhoyyar adalah qodar yang sudah Allah tetapkan dan bisa kita pilih. seperti kebaikan dan kejahatan. Allah menciptakan keduanya (qodar) dan kita memilihnya. inilah mukhoyyar. Manusia memiliki kewenangan atasnya dan akan mempertanggung jawabkan pilihannya.

Musayyar :

Musayyar adalah qhodho Allah, ketentuan-ketentuan Allah yang manusia tidak memiliki kuasa atasnya. seperti Rizki, Ajal, kecelakaan, bentuk fisik, kiamat dan sebagainya. Bersifat alamiah (sunnatullah). dan kita sama sekali tidak memiliki kewenangan atasnya. seperti dilahirkan sebagai perempuan. Jangan maksa jadi laki.

Oleh karenanya Allah tidak akan meminta pertanggung jawaban tentang sesuatu yang bersifat musayyar. Artinya kita focus saja pada yang bisa kita pilih. Karena inilah yang akan di perhitungkan.

5 thoughts on “Memilih yang benar

  1. Very well written story. It will be supportive to anyone who utilizes it, including yours truly🙂. Keep up the good work – i will definitely read more posts.

Tinggalkan Jawaban

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s