sholat-tahajud

Tips agar Istiqomah Shalat Tahajjud

Banyak sekali hikmah dan manfaat melaksanakan Shalat tahajjud, lebih lagi berpahala disisi Allah. Bahkan ada ulama yang mengatakan shalat malam itu sekolah kehidupan untuk membina jiwa. Hukumnya sunnah, akan tetapi manfaat yang telah di buktikan dan rasakan oleh para ahli tahajjud ini sangat luarbiasa, ada dalam suatu hadits, bahwasanya shalat tahajjud itu akan menjadikan kita semangat dalam beraktifitas esok harinya, Shalat tahajjud memberikan energi luarbiasa untuk menjalani hidup ini.

Walaupun di iming-imingi pahala dan hikmah yang luarbiasa, tetap saja sedikit yang rajin dan istiqomah menjalaninya. Salahsatu penyebabnya mungkin tengah malam itu waktu dimana enak pulas tertidur setelah seharian beraktifitas, daripada bangun mending tarik selimut.

Bagaimana supaya bangun tengah malam dan istiqomah menjalankan shalat tahajjud? Jawabnya, ya tahajjud ajah. Ya itu masalahnya, bagaimana? Jawabnya ya tetep, tahajjud ajah. Hehe

Kuncinya satu, yaitu “biasakan”. Istiqomah karena biasa, setelah terbiasa kita pasti enggan meninggalkannya. Adanya motivasi ataupun tidak, bukan masalah. Kebiasaan akan tetap terbentuk walaupun di paksa atau secara suka rela (karena ada motivasi), hanya saja nanti hasilnya akan berbeda antara terpaksa dan sukarela. Tinggal pilih mana?

Langsung saja, saya akan berbagi sedikit tips bagaimana agar terbiasa bangun malam untuk shalat.

Pertama-tama, faktor yang paling penting untuk membentuk kebiasaan adalah Praktice dan Repetition, yaitu praktekan dan terus ulangi. Menurut guru saya ini adalah Bapak dan Ibunya Kebiasaan.

Pernah dengar kan aturan 10.000 jam? atau mungkin anda sudah lebih memahami. Seorang yang Ahli di bidangnya memerlukan waktu 10.000 jam untuk berlatih, alias praktek dan terus berlatih. Sehingga, hal yang kita anggap Luarbiasa menjadi hal biasa bagi dia, karena dia sudah lebih sering melatihnya.

Tokoh Islam yang luarbiasa, yaitu Imam Syafi’ie. Beliau telah menghafal Al-quran pada usia 7 (tujuh tahun). Bagaimana tidak, Ibundanya seorang hafidz Qur’an, minimal dua kali dalam satu minggu Ibundanya menghatamkan Al-qur’an. Jadi, Imam syafi’ie sejak kecil terbiasa mendengarkan bacaan Al-qur’an, ditambah pada saat itu anak-anak kecil sudah mulai menghafal Al-Qur’an. Biasa baginya sudah hafal Al Quran pada usia muda, itu karena TERBIASA…

So, Terus berlatih dan terus ulangi.

Langsung saja, mari Kita berlatih agar terbiasa shalat tahajjud.

Pertama, tentukan target raka’at yang akan dilaksanakan setiap harinya, Ingat ! Setiap hari. Gak perlu tinggi-tinggi, untuk membiasakan mulailah dari yang kecil, toh bila sudah terbiasa kita pasti termotivasi untuk menambah pencapaian. Kemudian tuliskan dalam selembar kertas dengan font yang lebih besar agar  mudah di baca.

Kedua, harus ada trigger agar memudahkan kita untuk bergegas tahajjud. Misalnya buatlah Alarem dengan Pengingat, anda akan melaksanak Shalat Tahajjud.

Ketiga, selembar kertas itu boleh anda perbanyak, dan tempelkan di mana saja yang mudah anda lihat dan baca. Misal, didepan meja belajar Anda. Atau di atas dinding disamping tempat tidur anda, dan lainnya.

Ingat ini harus dilakukan secara konsistent setiap harinya. Minimal selama 30 (tigapuluh), atau sampai Anda merasa nyaman dan merasa enggan untuk meninggalkannya. Ingat aturan 10.000 jam, perlu berapa tahun bagi seseorang untuk menjadi Ahli. Kalo membiasakan shalat tahajjud doang mah, Gampang. Hehe

Seperti ini Contohnya.

Yubi Store | Mall Online Indonesia

 

12 thoughts on “Tips agar Istiqomah Shalat Tahajjud

  1. bismillahirrohim
    saya,faiq
    SAYA AKAN SHOLAT TAHAJJUD
    EMPAT ROKAAT SETIAP HARINYA
    semoga allah mengabulkan do’a saya,menjadi anak yg berbakti kpd orng tua,membahagiakan orang tua,bisa berguna bagi nusa,bangsa dan agama

Tinggalkan Jawaban

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s