lisan

Menahan marah dan kapan mesti marah

Orang kuat bukanlah orang yang menang bergulat, tetapi yang disebut orang kuat adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya pada saat marah”.[HR. Bukhari dan Muslim]

Marah memang sudah fitrahnya manusia, tidak akan bisa dihilangkan. Aturan Islam mengarahkan bagaimana fitrah kita terpenuhi sehingga membuat kita tenang. Ciri-ciri hal yang benar kan diantaranya Masuk akal dan sesuai dengan fitrah sehingga membuat hati tenang.

Rosul menyinggung orang yang bisa mengendalikan dirinya pada saat marah itu orang yang kuat. artinya menahan dan bisa mengendalikan rasa marah itu perbuatan terpuji. Baik dilakukan,.

Banyak yang menjelaskan, bagaimana mengendalikan marah itu: Misalnya ketika seseorang marah maka di rekomendasikan untuk duduk. jika masih marah maka berbaring. Jika masih marah maka Berwudhu-lah.

Namun marah ini terkait dengan kondisi dan penyebabnya. Jika marah terhadap hal-hal yang bersifat manusiawi, maka sebaik-baiknya diredam saja amarahnya, dikendalikan emosinya agar tidak sampai meluap. Misalnya marah karena di Ejek dan di Hina.

Ketika melihat kemaksiatan, marah memang suatu hal yang sudah sepantasnya. Namun tetap kita tidak bisa mengambil satu tindakan tertentu, kita hanya bisa menasihati dan melaporkan kepada pihak yang berwenang.

Seperti misalnya marah terhadap orang yang melakukan zina. yang punya kewenangan untuk menghukuminya adalah Pemerintah (Khilafah Islamiyah). jadi kita tidak ada kewenangan selain amr makruf nahi munkar.

Intinya, Marah dan tidak itu harus Sesuai dengan Hukum Syara’. Sehingga marah nya kita itu karena Allah memerintahkannya.

So, kita menahan marah ketika hal yang menimpa kita merupakan sesuatu yang sifatnya manusiawi.
dan marah ketika memang Allah memerintahkan untuk marah, seperti dalam peperangan, melihat kemaksiatan, dll.

Wallahu a’lam🙂

Tinggalkan Jawaban

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s