ilmu

Ilmu untuk diamalkan

Barang siapa yang bertambah Ilmunya, namun tiada bertambah hidayahnya (petunjuk). tidak bertambah baginya dengan Allah kecuali bertambah jauh.

Hadits ini mengingatkan kita agar selalu memperbaiki diri, karena seyogyanya didalam islam ilmu itu bukan hanya sekedar pengetahuan, melainkan beramal. Ilmu itu wajib dicari, wajib pula di amalkan dan di sebarkan alias di dakwah kan.

Allah juga menegur perihal tentang menyebarkan ilmu, menyeru kepada kebaikan atau simpelnya dakwah. bahwasanya Allah membenci orang-orang yang berkata sedangkan dia sendiri tidak mengamalkannya. (dalam surat as-shaf:2-3).

Kalo memang ilmu itu untuk di amalkan, seharusnya sudah menjadi satu paket ketika kita mendapatkan ilmu, otak kita langsung memberi sinyal perintah untuk mengamalkan. amalkan…. amalkan… amalkan…

maka muncul pertanyaan, kenapa bisa tidak diamalkan, malah membuat kita tambah jauh dengan Allah?

karena tidak menjadikan islam sebagai persepsi hidup dan tolak ukur. kenapa bisa begitu? kalo ditinjau lebih dalam lagi, pastilah karena sistem pendidikan kita. sistem pendidikan yang membuat ilmu itu malah sekedar pengetahuan.

Lah iya, lihat deh.. saya sendiri heran, kenapa mesti sekolah lama-lama, SMP-SMA kalo masih belum punya keahlian? SMP-SMA bagus, kalo hasilnya atau output nya bagus. kemampuan dan keterampilannya bagus.. yang saya rasakan kebanyakan anak-anak ini belajar karena untuk nilai. belajar supaya nilai bagus terus lulus.šŸ˜€ nilai bagus memang hasil dari kemampuan yg bagus. Tidak jarang juga nilai bagus karena keterampilan menconteknya bagus. terjadi saat acuannya sekedar nilai.

Islam mengajarkan Ilmu itu untuk diamalkan. dengan ilmu kita bisa menjadi mulia, jika diamalkan dan disebarkan.

Islam > Pahami, Amalkan dan Sebarkan…šŸ™‚

2 thoughts on “Ilmu untuk diamalkan

Tinggalkan Jawaban

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s