motivasi-kesuksesan

Bagaimana melejitkan potensi

Sebelum menyelami teknik-teknik Bagaimana melejitkan potensi? kita tanyakan dulu pada diri kita masing-masing, apa yang mau kita lejitkan? what things we want to be grow up? Ketika kita komitment untuk Giat belajar dan fight menapaki jalan kesuksesan, apa dulu nih yang bakal kita pelajari, apa saja hal-hal yang perlu diprioritaskan. pertanyaan itu akan selalu muncul.

Ketika pertanyaan itu terjawab, sebenarnya kita telah menemukan potensi kita dan siap untuk terus kita kembangkan dan lejitkan. potensi Kamu adalah passion Kamu. Jika ingin merasa bahagia, kerjakanlah apa yang anda sukai (jurus jitu Number One), itulah passion, sesuatu yang kamu senangi dan anda benar-benar bahagia jika mendalami hal itu.

Sesuatu yang anda senangi itu bukan berarti selalu mulus dalam menjalaninya. selalu ada bumbu-bumbu penyedap yang akan lebih menyempurnakan kesenangan itu. seperti Main bola, jika anda menyenanginya bukan berarti anda akan selalu menciptakan Gol-gol cantik, selalu menang dalam pertandingan. Faktanya kesenangan “Hobby” itu bukan terletak pada hasilnya, tapi pada prosesnya.

Lihat senyum ceria anak-anak saat bermain, mereka bukan senang karena hasil dari permainannya, tapi mereka bahagia menjalani prosesnya. Mereka bahagia dengan permainannya.

Apakah kamu suka membaca? apakah kamu menyenangi prosesnya? terkadang ketika membaca itu selalu ada kendala-kendala, biasanya seperti lelah, cepet ngantuk, susah masuk dan lainnya. ternyata untuk bisa menikmati yang benar-benar kamu sukai tidak hanya mengklaim suka dan kamu bisa enjoy, tetapi perlu teknik dan latihan untuk bisa benar-benar menikmatinya. Seperti halnya membaca tadi, supaya kegiatan membaca menjadi tobe enjoyable, kita perlu teknik, perlu  tahu bagaimana cara membaca itu menyenangkan dan tidak meletihkan, tetapi tetap dengan pemahaman yang maksimal.

Nah, untuk mengetahui potensi atau passion kita,. Langkah pertama adalah:

  • Kenali diri Kita

Yupz,, kita jelajahi diri kita, seperti ketika kita akan mempelajari teknik BacaKilat, kiat membaca satu halaman/detik. Pada awalnya kita di kenalkan dulu dengan otak kita, dengan kemampuan otak kita yang ternyata akan penuh jika setiap detik kita menyimpan informasi dalam otak kita, itupun selama 30 juta tahun (satu informasi dalam hitungan detik). Artinya kempuan otak itu sangat luar biasa, benar-benar anugrah terbesar yang Allah berikan. karena itu juga manusia berbeda dengan ciptaan lainnya, dan disebut sebaik-baiknya ciptaan (Ahsani taqwiim). Oke, Sekarang coba kenali diri kita sendiri. secara garis besarnya, Siapa diri kita, jika merasa manusia, apasaja potensi yang dimiliki manusia, pasti sangat beraneka ragam, karena kemampuan manusia ini luarbiasa, asalkan kita bisa mengelola dan menggunakannya.

untuk memudahkan kita menemukan passion kita, Coba kita mulai flashback kehidupan kita dari sejak kecil sampai saat ini, apa yang sering anda lakukan dan apa yang paling anda sukai. Passion juga bisa terlihat dari minat kita.🙂

Coba tuliskan saja,, dan pilih yang paling anda minati,, Prosesnya seperti roda kehidupan, jangan membayangkan pasi mudah, tapi pikirkan yang baik-baik untuk terus memotivasi kamu menggeluti passion dan menjadi expert. dengan lebih mengenali diri kita, Kita bisa mengembangkan diri kita lebih jauh. jika sudah mengenali apa yang bisa kita capai, kita bisa merubah apa yang tidak sesuai menjadi sesuai untuk mencapai apa yang kita inginkan.

  • Terima diri

Terima diri kita artinya yakin dengan segala potensi yang telah Allah anugrahkan. kita yakin bisa mencapai apa yang kita inginkan. Seorang muslim itu harus memiliki keimanan yang luarbiasa kepada sesuatu yang benar. (haqu al yaqiin). kalo kata Ust. Felix Can see what could not seen by eyes. Dapat melihat apa yang tidak terlihat oleh mata. Seperti para sahabat yakin dengan janji Rosul saw. Kita yakin terhadap hal ghoib seperti surga-neraka, padahal belum pernah melihatnya. Seperti itu kita menerima diri kita…

Seorang bai kecil, secara tidak langsung sebenarnya dia mengenali dirinya dan menerima betul dirinya sebagai seorang bai, sehingga dia bisa dengan cepat melejitkan potensi nya. bisa berjalan, bisa bicara, bisa sempurna dalam berpikir.

Terima diri kita sebagaimana seorang bai menerima dan melejitkan potensinya…🙂

  • Tingkatkan diri

Proses meningkatkan diri kita adalah ibarat ujung lubang batang sumpit, yang siap kapan saja mengeluarkan anak sumpit, anak yang keluar tadi bisa maksimal atau kurang. tergantung kita terus meningkatkan potensi yang kita miliki.

Terus tingkatkan potensi yang sudah Kamu kenali… Passion Kamu adalah Potensi Kamu… So,, Lankah-langkahnya adalah

1. Kenali Diri

2. Terima Diri

3. Tingkatkan Diri…… Grow up… !!!🙂

2 thoughts on “Bagaimana melejitkan potensi

Tinggalkan Jawaban

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s