nil

Hukum kausalitas

Apa yang terjadi jika air dipanaskan? maka mendidih. jika ikan disimpan didarat? ikan akan sekarat, perlahan akan mati. Itulah sebab akibat, yang biasa kita sebuat dengan hukum kausalitas.

Hukum kausalitas itu mencakup dua hal.

  1. Sababu al ikhtiarie. sebab yang bisa kita usahakan atau sebab dari usaha kita. seperti contoh-contoh yang telah saya sebutkan. hal yg masih masuk akal.
  2. Sababu al ghoibiyah. sebab ini sifatnya Ghoib, diluar kuasa dan pikir kita. seperti orang yang shaleh mendapatkan ma’unah (pertolongan dari Allah).

Khalifah Umar ra pernah mengirimkan sepucuk surat kepada sungai nil saat air sungai nil tidak mengalir. tujuannya agar sungai nil kembali mengalir dan sungai tidak kering.

Itu bermula pada awal mesir dikuasai oleh Kekhilafahan Islam, saat itu penduduk mesir mempunyai kebiasaan memberikan tumbal seorang anak gadis untuk dipersembahkan kepada sungai nil ketika air sungai tidak mengalir.

Mendengar kejadian itu Amru bin ‘Ash yang saat itu menjadi gubernur mesir mengirimkan surat kepada Khalifah Umar tentang masalah ini.

Khalifah Umar membalas suratnya, serta menulis surat khusus untuk sungai nil dan meminta Amru bin ‘Ash untuk melemparkannya kepada sungai nil.

Maka keesokan pagi harinya setelah surat itu dilemparkan kepada sungai nil, air sungai nil kembali mengalir mencapai tujuh meter dalam waktu satu malam.

Banyak keterangan yg menjelaskan tentang sebab ghoibiyah ini, seperti sebuah hadits yg menjelaskan tentang silaturahmi itu memanjangkan umur dan meluaskan rizqi. padahal tidak ada kaitannya. seperti Firman Allah yg menjanjikan rahmat yg tidak terkira dari jalan yg tidak diduga-duga bagi orang yang bertaqwa.

Semoga ini mengingatkan kita untuk selalu taat kepada Allah, bukan hanya sebab ikhtiar yang kita jalani, serta sebab ghoibiyah kita tempuh.

semoga bermanfaat…🙂

One thought on “Hukum kausalitas

Tinggalkan Jawaban

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s