keluarga-muslim

Kasih sayang orang tua

Sewaktu kecil mungkin ada yang baik dan sayang sekali kepada ibu, lebih deket sama ibunya lantaran ayahnya agak sedikit sangar. hehe

Ada juga yang lebih nyaman bersama ayahnya, ayah lebih mengerti di banding ibu, wlwpun diselah-selah kesibukan sang ayah.

Seperti apapun sikap kedua orang tua, tak lepas dari kasing sayang mereka. yang membedakan adalah keegoisan anak sendiri dan tak mengerti orang tua. atau sebaliknya.

Alkisah, konon di jepang pernah ada tradisi membuang ibu kandung sendiri yang sudah tua dan tak berdaya ke hutan belantara. karena keberadaannya hanya menambah beban kehidupan anak-anaknya.

Ketika itu ada seorang anak, ibunya sudah tua dan jompo. dia membawa sang ibu yang sudah tua itu ketengah hutan nan jauh dari pemukiman, bermaksud untuk membuang nya.

Dengan rasa tak tega sang anak terus berjalan menyusuri hutan, di sepanjang perjalanan sang ibu yang digendong anaknya  terus berusaha untuk mengambil ranting-ranting untuk kemudian dia jatuhkan ketanah..

Setiba ditengah hutan anak itu menurunkan sang ibu dari gendongannya. sambil menggerutu dalam hatinya yang tak menyangka tega membuang ibunya sendiri. Maafkan aku Ibu.

Dengan tegar sang ibu tersenyum sambil berkata; Anakku. ibu sangat sayang sama kamu, dari semenjak ibu melahirkanmu, mengurusmu, membesarkanmu dengan kasih sayang. Rasa itu tidak penah berubah sedikitpun sampai saat ini.

Dengan senyuman sang ibu berkata; Anak ku, pulanglah. Sepanjang jalan ibu sudah mengambil ranting-ranting, untuk membuat tanda jejak. ibu takut kamu tersesat di perjalanan pulang.

Tak kuasa menahan air mata, anak itu memeluk sang ibu sambil menangis. Hingga kemudia sang ibu dibawa lagi pulang kerumahnya dan anaknya mengurus sang ibu sampai dia meninggal.

Sahabat. Amat besar cinta yang orang tua berikan; tak akan pernah bisa kita sebagai anak membalasnya; Namun sebagai seorang muslim, disamping kita menyayangi kedua orang tua kita, atau orang tua menyayangi anak-anaknya; haruslah ada kesadaran bahwa hal itu adalah perintah Allah dan merupakan syari’at yang wajib kita laksanakan, agar amal kita tak sia-sia.

Semoga kisah tadi menambah kecintaan, kasih sayang kita kepada orang-orang yang sangat mencintai kita.

3 thoughts on “Kasih sayang orang tua

Tinggalkan Jawaban

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s