devil sombong

Makhluk yang paling sombong sejagat raya

dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (Luqman:18)

Menurut Anda siapa makhluk yang paling sombong sejagat raya?

kalo sudah tau, terusin saja bacanya siapa tahu apa yang saya tulis keliru dan anda bisa memberikan saran atau menambahkan melalui komentar.🙂
Bagaimana bisa menyimpulkan orang yg paling sombong; agar tidak asal menyimpulkan, takutnya fitnah (org sunda tidak bisa nyebut F, bohong itu PITNAH).

Sebelumnya mesti dipahami dulu sombong itu seperti apa dan bagaimana? nah baru kita bisa bisa menyimpulkan Siapa.

  • Sombong itu karakter, karakter yang sangat jelek. sebutan bagi yang jelek itu Iblis atau syaiton, seperti ketika Allah murka kepada jin yang menentang perintah untuk sujud (memberikan hormat) kepada Nabi Adam as, kemudian jin itu disebut Iblis. maaf,,maaf,,maaf,,orang sombong itu orang yang berkarakter Iblis/syaiton.
  • Sombong itu tingkah, Takabbur, merasa dirinya yang paling hebat, paling benar, paling baik, dan paling-paling yang lainnya.😀 Seperti Firman Allah dalam Surat Al-qiyamah:33. ” kemudian ia pergi kepada ahlinya dengan berlagak (sombong).” bisa kita pahami dari berlagak (sombong).

Imam Al Ghozali membagi Takabbur menjadi dua bagian. Pertama Takabbur dalam urusan Agama, Kedua Takbbur dalam urusan Dunia.

Takabbur dalam urusan agama terbagi pada dua; takabbur karena ilmu dan takabbur karena amal. Orang yg takabbur dalam ilmu adalah Ilmuan, Ulama dan sebagainya. Ciri-cirinya seperti orang yang tidak mau mendengarkan nasihat dari orang yg lebih bodoh, dia merasa yang paling pintar, gak butuh bantuan orang lain. Sedangkan Takabbur dalam Amal, seperti hadits Rosul saw; “Jika ada seorang yang berkata ‘Manusia ini semuanya sudah rusak’ (dan ia merasa dirinya saja yang tidak rusak) maka ketahuilah bahwa sesungguhnya ia  yang paling rusak”.

Takabbur dalam urusan dunia menurut Imam Al Ghozali disebabkan oleh beberapa hal: Karena Nasab (keturunan), Harta kekayaan, Kekuasaan, Kecantikan atau ketampanan, dan karena banyaknya pengikut or anak buah.

  • Sombong itu melampaui batas, yang telah di tentukan hukum syara’. Maksiat; Sombong, Dzolim; sombong, apalagi tidak beriman, sombo sangat. seperti firman Allah dalam surat Ad Dukhon:31.
    ” dari (azab) Fir’aun. Sesungguhnya Dia adalah orang yang sombong, salah seorang dari orang-orang yang melampaui batas”.

dari beberapa point diatas, kita pahami bahwa sombong itu merupakan sifat yang jelek, orang yang paling sombong berarti orang yang memiliki sifat dan karakter yang paling sangat jelek, buruk. Orang Munafik, tidak beriman, tidak mau menerapkan syariat islam, itu merupakan sombong terhadap Allah sang Khalik. (Al Mutakabbir itu Allah).

Terus Siapa Makhluk yang paling Sombong sejagat raya? Syaitoh kah, yang Allah cantumkan dalam Al-quran? Fir’aun kah, yang sama Allah katakan sombong?, Sombong itu sifat dan karakter, jika point-point diatas ada pada diri siapa saja, dialah org sombong. terkait siapa yang paling sombong, silahkan Anda simpulkan sendiri… hehee

Inilah Cara Anda BELAJAR BISNIS Tanpa Harus Ikut Seminar.!!

Semoga kita terhindar dari sifat yang tidak di sukai Allah. aamiin…

7 thoughts on “Makhluk yang paling sombong sejagat raya

  1. Yang paling sombong adalah orang yang tidak pernah berdoa. Salah satu fungsi doa adalah perwujudan dari kehambaan kita kepada Sang Maha Pencipta, Sang Maha Besar, Sang Maha Segala-galanya…. ALLAH SWT.

    1. ya betul mas iwan,. apalagi orang yg bukan hanya tidak mau berdoa. tapi orang yang tidak mau menyembah atau tidak mau melaksanakan syari’at Allah..🙂
      Sombong banget… he3x

Tinggalkan Jawaban

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s